RFP – Virtual Travelling

Latar Belakang

Industri wisata merupakan salah satu penyumbang terbesar devisa negara Indonesia. Terlebih dengan kekayaan yang dimiliki Indonesia dalam potensi alamnya serta keberagaman budayanya memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Diambil dari laman kominfo.go.id menyatakan Kementerian Pariwisata menargetkan pencapaian jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tahun 2018 sebesar 17 juta wisman dan diharapkan akan meningkat menjadi 20 juta wisman pada 2019. Target yang kembali meningkat jika dibandingkan dengan data target wisman 2017 yang hanya mencapai 15 juta dan terelaisasi 14 juta wisman.

Dihimpun dari laman travel.detik.com , Sayangnya pada tahun 2018 jumlah target yang ditetapkan belum tecapai kembali dan masih bertengger hanya sekitar 16,2 juta wisman atau sekitar 95% dari target yang ditetapkan. Meski begitu, Kemenpar tetap mengejar target 20 juta wisman di tahun 2019, sebuah target yang begitu tinggi melihat perbandingan yang jauh dari tahun sebelumnya.

Sektor pariwisata Indonesia pun selama ini terlalu dititik beratkan pada daera daerah-daerah tertentu saja seperti Yogyakarta, Bali, dan pulau-pulau kecil di sekitar Bali yang sering dikunjungi oleh wisatawan khususnya wisatawan asing. Padahal banyak sekali daerah-daerah lain di Indonesia yang memiliki keindahan alam dan kekhasan budaya yang tidak kalah menarik dengan daerah-daerah tersebut.

Maka untuk mencapai target tersebut pastinya perlu dicari cara media promosi yang baru dan bisa mengekspos wilayah wilayah baru sehingga wisatawan mancanegara maupun dalam negeri mau untuk berkunjung.

Deskripsi Project

Virtual Travelling adalah bentuk promosi terbaru bagaimana pengguna dapat merasakan sensasi menjelajahi destinasi yang belum pernah dikunjungi melalui media virtual reality. Pengguna dapat melihat melihat lingkungan destinasi tersebut sebelum memutuskan untuk langsung berkunjung ke destinasi tersebut.

Pilihan konsep virtual travelling merupakan hasil dari tuntutan era digital dimana wisatawan zaman sekarang yang didominasi oleh generasi milenial, cenderung menyukai untuk berkunjung ke destinasi yang memberikan pengalaman (experience).

Berdasarkan hasil survei di seluruh dunia yang dirilis oleh Everbrite-Harris Poll, 2014 membuktikan jika generasi milenial lebih memilih menghabiskan uang mereka untuk mendapatkan pengalaman (experience) dibandingkan barang (material goods). Peluang inilah yang tidak disia-siakan untuk membangun destinasi digital yang berkonsep kekinian guna memaksimalkan perjalanan wisnus di Indonesia.

Detail Kebutuhan Bisnis

Tujuan Bisnis

  • Untuk memperkenalkan potensi wisata dan keberagaman budaya Indonesia ke dunia internasional dengan menggunakan teknologi simulasi.
  • Menciptakan platform berbagi informasi travelling untuk para traveller

Fitur pada Produk

  • Informasi mengenai tempat wisata meliputi lokasi, cara tempuh dan review dari traveller
  • Pengalaman 3D view untuk melakukan Virtual Travelling dengan menggunakan VR
  • Fitur Berbagi (meliputi foto hingga 3d Object Tempat wisata)

Format Proposal

Tidak ada aturan khusus untuk menyusun dokumen spesifikasi teknis, meskipun begitu kontraktor / mitra pengembang / vendor sangat dianjurkan untuk menyusun dokumen tersebut dengan struktur minimal sebagai berikut:

  1. Judul dokumen, versi / revisi, tanggal keluar, disclaimer, proprietary notice
  2. Daftar isi
  3. Daftar istilah / singkatan yang dipergunakan dalam dokumen tersebut
  4. Daftar gambar / tabel
  5. Pendahuluan
    1. Ulasan umum tentang sistem aplikasi Surabaya Directory
    2. Konsep solusi
    3. Konsep rancang bangun
    4. Konsep security
  6. Referensi
    1. Peraturan dan perundang-undangan
    2. Textbook
    3. Internet site
  7. Sistem overview
    1. Deskripsi fungsi sistem
    2. Arsitektur dan platform
  8. Spesifikasi umum
    1. Fungsional
    2. Antarmuka (interface)
    3. Basis Data
    4. Adaptive (user preference setting)
  9. Spesifikasi khusus
    1. Reliability
    2. Interoperability
    3. Scalability
    4. Flexibility / Integrateability
    5. User Friendlines
  10. Informasi lainnya
    1. Jaminan operasional
    2. Dukungan teknis
    3. Pelatihan
    4. Pemeliharaan
  11. Penutup

Timeline

NoAktivitasTanggal
1. Pembuatan RFP 20 – 26 Februari 2019
2. Pengiriman RFP 27 Februari 2019
3. Jangka waktu untuk mengajukan
pertanyaan
28 Februari – 27 Maret 2019
4.Deadline pengumpulan proposal 27 Maret 2019
5. Periode Seleksi 28 – 30 Maret 2019
6. Pengumpulan hasil seleksi 1 April 2019

Kriteria Seleksi

Untuk memberikan hasil evaluasi yang adil atas setiap tanggapan yang diterima dari setiap kontraktor / mitra pengembang / vendor atas RFP ini, maka dipandang perlu untuk dilakukan penyeragaman tanggapan yang didasari atas beberapa kriteria sebagai berikut:

  • Biaya Proyek Kompetitif
  • Pengalokasian Sumber Daya Manusia
  • Desain Aplikasi yang interaktif dan dinamis

Anggaran Biaya

ItemUraianHarga
1.Analisis Sistem AplikasiRp 10.000.000
2.Pembuatan perangkat lunakRp 20.000.000
3.Instalasi perangkat keras
3.1Laptop ( NVIDIA GTX 600-series GPU or better
4GB of RAM )
Rp 15.000.000
3. 2HP (Suitable phone 2GB RAM or better)Rp 6.000.000
3. 3Gear VR (VR Glasses or better)Rp 2.000.000
4.
Pengujian (Integrasi Software dengan Hardware)Rp 10.000.000
5.Jaminan Operasional (koreksi bug,re-configure dll)Rp 10.000.000
6.Dukungan Teknis Tahun PertamaRp 15.000.000
7.Dukungan Teknis Tahun Kedua dstRp 10.000.000
TotalRp 98.000.000

Penyampaian Penawaran dan Batas Waktu

  1. Proposal , Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan dokumen pendukung lainnya dapat disampaikan paling lambat :
    1. Hari, Tanggal : Rabu, 27 Maret 2019
    2. Pukul : 16.00 WIB
    3. Proposal dan RAB dikirim melalui email : dkamurapi@gmail.com dengan subjek e-mail Proposal_Virtual_Travelling
  2. Dokumen yang dikirim dalam bentuk softcopy, untuk dokumen asli disimpan oleh penyedia dan akan diperiksa / pembuktian kualifikasi oleh tim.
  3. Masa berlaku proposal / penawaran selama 60 (enam puluh) hari kalender sejak batas akhir waktu pemasukan penawaran.
  4. Hasil lembaga yang terpilh untuk pekerjaan ini nantinya akan diumumkan melalui kamurapidimas.wordpress.com

Contact Person

Tinggalkan komentar